Skala Melodi Gitar

Skala Melodi Gitar

Berikut adalah dasar yang membentuk akord dan membangun kesan melodi tertentu. Skala ditunjukkan dalam tangga nada. Skala pada dasarnya adalah permainan interval nada yang menjadikan insting seorang melodis.
Sebagai dasarnya, perlu kita ketahui interval antar nada tunggal :
C ke D = 1
D ke E = 1
E ke F = 1/2
F ke G = 1
G ke A = 1
A ke B = 1
B ke C’= 1/2
kenaikan 1/2 nada = # (kres)= nada+is
Penurunan 1/2 nada = b (mol)= nada+es
jadi Dis = Es dan………. E ke Fis = 1

Patokan nada pada fret gitar

E||-F-|Fis|-G-|—|-A-|—|-B-|–|–|————
B||-C-|Cis|-D-|—|-E-|-F-|—|–|–|————
G||—|-A-|—|-B-|-C-|—|-D-|–|–|————
D||—|-E-|-F-|—|-G-|—|-A-|–|–|————
A||Bes|-B-|-C-|—|-D-|—|-E-|–|–|————
E||-F-|—|-G-|—|-A-|—|-B-|–|–|————

Berikut adalah contoh beberapa skala yang umum beserta intervalnya :

Kelas Dasar

Pola Skala Major, menggunakan interval 1 1 1/2 1 1 1 1/2 = C D E F G A B C
Pola Skala Minor, menggunakan interval 1 1/2 1 1 1/2 1 1 = a b c d e f g a
Ada yang merasa aneh dengan skala minor????? coba perhatikan baik-baik pencocokan antara interval nada. Memang interval nada-nada dalam skala major dengan skala minor sama. Hanya saja urutan nada dan nada dasarnya berbeda, yaitu Major adalah C sedangkan Minor adalah A. Hal tersebut pula yang menjadikan sifat nada dua skala tersebut berbeda, yaitu minor lebih bersifat sedih atau melo dan banyak lagu minor yang nadanya dimulai dari nada a.

Jadi
Interval major = Interval Minor

E||-F-|Fis|-G-|—|-A-|—|-B-|–|–|————
B||-C-|Cis|-D-|—|-E-|-F-|—|–|–|————
G||—|-A-|—|-B-|-C-|—|-D-|–|–|————
D||—|-E-|-F-|—|-G-|—|-A-|–|–|————
A||Bes|-B-|-C-|—|-D-|—|-E-|–|–|————
E||-F-|—|-G-|—|-A-|—|-B-|–|–|————

E||-F-|Fis|-G-|—|-A-|—|-B-|–|–|————

Sama Dengan

B||-C-|Cis|-D-|—|-E-|-F-|—|–|–|————

G||—|-A-|—|-B-|-C-|—|-D-|–|–|————

D||—|-E-|-F-|—|-G-|—|-A-|–|–|————

A||Bes|-B-|-C-|—|-D-|—|-E-|–|–|————

E||-F-|—|-G-|—|-A-|—|-B-|–|–|————
Kelas Variasi

Terbentuk dari aliran musik tradisional dan suku=suku tertentu, co javanes ada pelog dan slendro.Ada beberapa skala yang memiliki interval sama namun apabila dimainkan dengan urutan nada yang berbeda membentuk karakter dan sifat melodi yang berbeda.

Skala Aeolion M7
Skala Algerian
Skala Blues 1, 2, dan 3
Skala Jazz minor
Skala Slendro
Skala Pelog
Skala Arabian
dan seterusnya sampai seratusan skala tanpa atau belum termasuk variasinya

51 responses to “Skala Melodi Gitar

  1. Ok….thnx info ny ya…..bolh tw g klo tangga nda untk blues intrvalny brp? Skala arabian ny donk….mksh
    Rhadenmas@yahoo.com

  2. Blues ada 3 bentuk: B I, II, dan III

    Masing2 c d dis e g gis a c (1-1/2-1/2-11/2-1/2-1/2-11/2)
    c d dis e fis g gis a c (1-1/2-1/2-1-1/2-1/2-1/2-11/2)
    c d dis e f fis g gis a c (1-1/2-1/2-1/2-1/2-1/2-1/2-1/2-11/2)

    Arabian : c dis e f gis a b c (11/2-1/2-1/2-11/2-1/2-1-1/2), Kelihatan karakternya bila melodi dimainkan dengan muting.

    Pakai minor harmonis juga bisa bikin karakter Timur Tengah

  3. thank’s brow……………
    gue suka m info lo……….

  4. mahendra smanab xi ipa i

    gua copy info loe y……..
    mga gue bsa maen gtar dan bner…….
    tpi lo bsa loe punya g info tntang gmna cra maen melodi gtar n gmna cranya nyri mlodi gtar d lagu2……….
    jga kunci2 gtar lngkap……….

    for all………. thank’s…………….

  5. ntar saya posting. Tp ga sekarang. Tunggu si sibuk pergi menjauh

  6. thx info’y…..
    klo skala M7 & m7 gmn?
    btw pny teori kunci penghubung g(bridge keys)??

  7. m7

    Perpaduan nada minor dan nada septime
    7 atau septime yang berarti “si” atau nada ke 7
    misal Chord D = D Fis A
    Untuk menjadi D7 maka unsur ketiga nada di atas ditambah nada ketujuh. Nada ke tujuh itu dihitung dari root D = d e f g a b c d, yang berarti nada ketujuh tersebut adalah C. Jadi D7 = D Fis A C
    Sedang Chord Dm atau D minor didapat dari penurunan setengah nada kedua dari unsur ketiga nada chor D. D = D Fis A, nada kedua adalah Fis, diturunkan setengah menjadi F. Sehingga Dm=D F A.
    Didapatlah Dm7 = D F A C

    M7

    Artinya penambahan nada dari penurunan setengah nada root. Misal C = C E G. Maka nada C diturunkan setengah menjadi B. Alhasil diperoleh Chord CM7 = C E G B.
    CM7
    E|–|–|–|——-
    B|–|–|–|——
    G|–|–|–|——
    |–|E|–|——
    |–|–|C|——-
    E|–|–|–|——

  8. Yang kunci penghubung tolong diperjelas Ga. Maslah istilah saya takut salah memahami bridge yang dimaksud. Barang kali yang mau saya sampaikan berbeda dgn yang dimaksud.

  9. antara mayor dan minor : awalan nada berbeda, sekalipun interval antar nada tetap sama.

    melodi mayor berarti nada dasarnya diambil dari nada do (satuan nada, bukan chord). Nada do menjadi patokan. sehingga urutanya adalah 1 2 3 4 5 6 7 atau do re mi fa sol la si do atau C D E F G A B C. Jadi interva 1 1 1/2 1 1 1 1/2

    Melodi minor berarti nada dasar diambil atau dimulai dari la. Nada la menjadi awal mula atau patokan. Sehingga urutan 6 7 1 2 3 4 5 6 atau la si do re mi fa sol la atau a b c d e f g a. Biasanya minor disimbolkan dengan huruf kecil. Jadi intervalnya adalah 1 1/2 1 1 1/2 1 1.

    Jadi memang tidak ada perbedaan interval, hanya perbedaan sifat lagu jika dimainkan. Chord yang dipakai pada tangga nada minor (misal a=la) sama dengan atau bisa dipakai pada tangga nada mayor pada tingkat yang sama (misal c=do).

    Sifat tangga nada minor :
    – karakter musik terbentuk umumnya lebih sedih, sendu dan melankolis. Sekalipun nyanyiannya adalah nyanyian ceria namun sifat sedihnya masih terlihat.
    – Banyak lagu minor diawali dari nada atau note a. (bukan chrod a)

  10. mau tanya nih…
    misalnya melodi / lagu tidak di mulai dari do atau la bisa gak,misalnya di (mi,re,si) itu termasuk mayor or minor?

  11. @Ari

    Bisa. Semua bisa.
    Cuma maksud sy diatas do itu pangkal untuk tangga nada atau skala dasar mayor. Sedang la adalah pangkal dari tangga nada atau skala dasar minor.
    Emang sih, kalau cuma dijelasin lewat tulisan doang sulit. Baiknya baca buku yang njelasin secara detail dan terperinci.

  12. waduh aku tetep gk mudeng sama sekali :D

  13. Sory cob m0 nanya dun klo m0 maenin melodi chord minor gmna sh ksh tw dun
    Cntoh : mslna chord na Em trus melodi na d fret brp pd gitar ksh tw dun n cnth laen na thankz. . .

  14. Pada saat memainkan chord Eminor, kita harus tentuin dulu tangga nadanya. Misal dari Em bisa dgn G=do, C=do, A=la, dsb.

    Misalkan chord Em saat C=do. C= do biasanya dicirikan dgn penggunaan chord Em, C, Dm, G, F, Am, dan E(untuk nuansa harmonic minor). C=do berarti memainkan melodi hanya pada nada2 normal dari c-d-e-f-g-a-b-c’ atau 1 2 3 4 5 6 7 !.

    Jadi saat memainkan melodi pada chord Em harus dalam batas2 nada c-d-e-f-g-a-b-c’, hanya saja ada dominasi memainkan nada pada unsur2 nada Chord Em, yaitu nada e,g, dan b. Dominasi tidak hanya seberapa banyak, namun juga lamanya nada dibunyikan. Jadi selain nada e; g; b, jangan dimainkan dengan jumlah yang dominan dan terlalu lama. Nada selain e, g, dan b hanya sebagai nada transisi atau penhubung ke nada e, g, dan b.

    Bisa juga dengan menggunakan teori teknik arpegio, yaitu memainkan secara beruntun pada nada2 unsur pembentuk chord Em tersebut. Unsur Em adalah e g b. Lebih indah lagi jika memainkanya dengan melakukan perpindahan secara cepat seperti halnya teknik sweeping.

    Semoga itu yang dimaksud Vadhri.

  15. Thankz y
    Cma w leh mnta ksh tw cnth dlm tab na ga ‘ wat tehnik sweeping na ‘
    Thankz

  16. Sweeping berikut adalah dalam format arpegio dari chord bAm dan C. Mainkan dalam satu kalu sapu (bukan petik melodi).

    Tidak adak simbol khusus dalam tablatur yang memberi tahu bahwa nada2 tersebut dimainkan dengan teknik sweping. Ini memang kekurangn notasi tablatur, yaitu tak menunjukkan tempo dan ketukan. Kecuali kalw di perangkat Guitar Pro, disana disajikan notasi standar dan tablatur dengan diberitahu jenis notenya.

    Contoh :

    Am C
    -|——–8-12p8—————7-10p7———————————-|—
    -|——10——-10———–8——–8———————————|—
    -|—–9———–9———-7————7——————————|—
    -|—10————-10——9————-9——————————|—
    -|-12—————–12–10————–10—————————-|—
    -|—————————————————————————|—

    Ket :

    P =Pull

  17. Mw tanya..
    Skala pentatoNic kan nada nx antar(do,re,mi,sol,la)/(1,2,3

    • KL pntatonik skalanx (1,2,3,5,6),,kalo skala minor am mayor gmn?
      Mklum saya g tw sm skali soal skala.Cm feeling aj kl melody
      d tung6u blzanx.

  18. ah w msh bingung nìch,mslh tangga nada’y klo bz bkn vìdio’y d’youtube biar ngerti please

  19. mas tlong dong kasih tw cara mudah memahami not balok…

  20. @Rifky ; KL memiliki 5 unsur nada, yaitu c d e g a atau 1 2 3 5 6. Adapun yang membedakan antara minor dan mayor adalah pangkal naa awal (mayor dari c d e g a c sedang minor dari dari a….). Mayor biasanya lagunya lebih riang.
    @Samuel ; penginya gitu, perangkat kurang..
    @deny ; ribet kalau jelasin not balok lewat sini. Lagian saya juga gak terbiasa pake not balok.

  21. gue mainin di biola mas . bisa ga ya kayanya pake skala itu?

  22. Waw.. InpoNa mantap bro!! Tp aq mci krang jlas mengnai pembagian usur

  23. Pembagian unsur chord mksdqu?

  24. sip ! thx banget dah maen pake biola . bisa ko .

  25. Betul, di biola dan alat musik harmonis lain juga bisa

  26. Mas maw tnya cara biar hapal smua nada2 difret gmn y? Biar pas maen mlody bwt knci apa aza bs lngsung taw gtu mas ..thx

  27. Awalnya cukup :

    Hafalin dulu tangga nada…
    Dari yang C Major / biasa…terus ke kromatisasi dan turunanya
    Hafalin juga macam2 skala dan mode (Ionian, dorian,…blues dsb)
    Pahamin proses pembentukan dan pola chord (kalau udah paham mau chord dengan variasi apa aja pasti bisa)
    Biasain telinga mendengan perbedaan nada di tanggan nada biar sensitif juga terhadap perubahan chord

    Datanya cari aja di google…banyak koq

  28. oke boss, maksih buat infonya…….helpful banget …….

  29. hai… salam knal…. jumlah skala guitar…. ada berapa see smuanya,,,,,

  30. mau nnya gimana main gitar supaya bisa hafal kunci nya melodi……………

  31. Gmna cra maen melodi..And nyari melodi lagu2..Tlng ksh solusinya.

  32. Bagus ! tp saya ingin bentuk pola blues !

  33. bgamna si cra hafal knci meldoy???

  34. ka.mnta…tab gitar buat picking..dr skala mnah ajh boleh…cuma ingin tau jalan2 yg bner..””

    jauh beda gak sma arpigeo n sweeping…,,

    mkasih..

  35. bang saya mau taya kalo skala blues lebih enak ngambil di minor pa di mayor ?
    mau taya juga kalo type musik blues apa saja ………….

  36. minta skala nada ionian,dorian,n mixolidian,,ka!!!!!!!!!!

  37. keren mas..thnkz ya atas infonya?

  38. ada yg tahu ga tehnik melodi arab yg bagus?

  39. Info yang mantap gan..
    Kalau buat bas sama nggak skala skalanya…??
    Mkasih ilmunya

  40. mau nanya nie,,, bgmn cord dominannya bila kita pake skala blues ??? thks..

  41. gg ngerti gue gan…soal nya gue masih pemula banget…
    tolong di perinci lagi ya gan…thank’s

  42. khoirul mustofa

    mau tanya nich gmn ya cara cari lagu yag ad tablatere aq cari di buku lagu jarng ad di internet jga susah tolong di beri penerangan ya gan

  43. gan tolong di beri penanran dima saya bsa dpt lirik lagu yg ad tabnya saya cri di buku lagu gak ad di internet jga susah mohon di bantu ya gan

  44. klu bsa tolong di kasih webnya

  45. Munculin skala blues pada gambar fret gitar…

  46. kasih contah bentuk melodi lagu scorpions yg judul nya iam still loving you,,,donx

  47. kak saya mau tanya ne, kmu tulis diatas scale minor 1 1/2 1 1 1/2 1 1
    itu minor apa ya? klu setahu saya kak minor harmonic scalenya [ satu setengah satu satu setengah satusetengah setengah ] dan klu yang saya tau minor melodic juga bukan scale yang kakak tuliskan diatas. mungkin klu ada info dari kakak bisa menambah pengetahuan saya

  48. cara awal hybrid picking gimana ka?
    saya masih belum jelas mengenai itu :)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s